Dua Sumur Blok Mahakam yang Dibiayai Pertamina Mulai Dibor

Anggita Rezki Amelia
18 Juli 2017, 11:37
Pekerja migas
Dok. ExxonMobil

PT Pertamina (Persero) sudah mulai mengebor sumur minyak dan gas bumi (migas) yang dibiayainya di Blok Mahakam, Kalimantan Timur. Pengeboran ini bertujuan untuk mempertahankan produksi migas di blok tersebut.

Direktur PT Pertamina Hulu Mahakam Ida Yusmiati mengatakan saat ini sedang dibor dua sumur secara simultan di blok tersebut. “Minggu kemarin, 16 Juli 2017 mulainya,” kata dia kepada Katadata, Selasa (18/7). (Baca: Sumur di Blok Mahakam yang Didanai Pertamina Siap Dibor)

Advertisement

Sampai akhir tahun nanti Pertamina memang berencana membiayai pengeboran 15 sumur di Blok Mahakam. Ini karena sampai saat ini operator blok tersebut adalah Total E&P Indonesie, meskipun ketika kontrak berakhir Desember 2017, pengelolaan beralih ke Pertamina.

Dengan pengeboran ini harapannya produksi tetap terjaga sampai kontrak beralih. Sejak awal Januari hingga akhir Juni, produksi gas di Blok Mahakam mencapai 1.504 mmscfd atau 105% di atas target. Produksi minyak juga 103% lebih tinggi dari target mencapai 55.100 barel per hari (bph).

Head of Corporate Communication Total E&P Indonesie Kristanto Hartadi pernah mengatakan pengeboran itu menggunakan rig milik PT Apexindo Pratama Duta Tbk. “(Pengeborannya) menggunakan rig Maera milik Apexindo,” katanya kepada Katadata, Selasa (13/6).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement