SKK Migas Upayakan Tekan Biaya Kajian Awal Blok Masela

Anggita Rezki Amelia
14 Juli 2017, 18:20
Rig
Katadata

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) akan memangkas biaya untuk desain awal (pre-Front End Engineering Design/FEED) proyek Masela. Alasannya harga yang diajukan Inpex Corporation selaku operator masih terbilang besar.

Deputi Operasi SKK Migas Fatar Yani Abdurrahman mengatakan perusahaan asal Jepang itu mengajukan angka US$ 25 juta untuk kajian pre-FEED. Angka tersebut masih mahal, karena ada blok migas yang hanya menghabiskan US$ 4 juta untuk melakukan kajian itu.

(Baca: Ada 3 Megaproyek Hulu Migas, Pemerintah Batal Impor Gas Tahun 2019)

Fatar mengakui proyek Blok Masela tidak bisa disamakan dengan blok lain karena setiap wilayah kerja memiliki karakteristik yang berbeda. Namun, harapannya biaya untuk kajian Pre-FEED blok tersebut bisa ditekan. “Harapannya sih bisa sekitar US$ 20 juta, masih oke lah," kata Fatar kepada Katadata pekan lalu.

Selain memangkas anggaran, SKK Migas juga ingin mempercepat prosesnya. Pemerintah ingin proses itu hanya menghabiskan waktu enam bulan, meskipun Inpex meminta kajian Pre-FEED selama setahun.

Dengan percepatan itu, tahun depan harapnnya bisa cepat selesai. "Kalau misalnya kami setujui (anggaran pre-FEED) dalam bulan ini, mungkin mulai tahun depan bisa selesai," kata dia. (Baca: Jadi Proyek Strategis, Inpex Ingin Mulai Desain Awal Masela Tahun Ini)

Semakin cepat Inpex mengerjakan pre-FEED, maka penyusunan revisi rencana pengembangan lapangan (Plan of Development/PoD) akan cepat selesai. Sehingga tidak membutuhkan waktu terlalu lama untuk berproduksi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...