Kementerian ESDM Gandeng TNI Amankan Fasilitas Energi di Perbatasan

Anggita Rezki Amelia
14 Juli 2017, 16:08
Migas
Dok. Chevron

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam rangka pengamanan hingga pengembangan sumber daya manusia.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dengan Menteri ESDM Ignasius Jonan di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta. “Maksud dari nota kesepahaman ini adalah untuk mengatur kerja sama tentang bantuan TNI,” dikutip dari keterangan pers TNI, Jumat (14/7).

Advertisement

(Baca: Pemerintah Butuh Rp 643 Triliun Bangun Infrastruktur Gas)

Nota Kesepahaman ini terdiri dari beberapa ruang lingkup. Pertama, pengamanan kegiatan, fasilitas, dan infrastruktur bidang ESDM di daerah perbatasan, terpencil, dan pulau terluar atau daerah yang ditentukan lain.  

Kedua, survei bidang energi dan sumber daya mineral. Ketiga, pemanfaatan sumber daya mineral strategis untuk mendukung alutsista TNI. Keempat, kegiatan dan pemanfaatan energi baru terbarukan di daerah perbatasan, terpencil dan pulau terluar, atau daerah yang ditentukan lain. Kelima, pengembangan sumber daya manusia.    

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement