Surati Jokowi, Jonan Minta Dukungan Kembangkan Mobil Listrik

Anggita Rezki Amelia
11 Juli 2017, 14:57
Mobil Listrik BMW
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Corporate Communication Specialist BMW Group Indonesia Ismail Ashlan mengisi bahan bakar listrik mobil BMW i8 Protonic Red Edition yang merupakan edisi terbatas disela penyerahan mobil tersebut kepada pelanggan di Jakarta, Kamis (20/4). BMW i8 dirancang

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus mendorong pengembangan mobil listrik di Indonesia. Tujuannya untuk meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan untuk mewujudkan pengembangan mobil listrik, Menteri ESDM Ignasius Jonan sudah menyurati Presiden Joko Widodo sebelum lebaran khir Juni lalu. "Pak Jonan malah duluan gerak ke Pak Presiden agar mobil listrik mulai dibicarakan. Makanya kemudian Pak Sekretaris​ Kabinet mengundang rapat," kata dia kepada Katadata, Senin (10/7).

Advertisement

Inisiatif Jonan ini terinspirasi dari kunjungannya ke Tiongkok beberapa waktu lalu. Sebagai tindak lanjutnya, Sekretaris Kabinet, akan mengundang pemangku kebijakan lainnya seperti Kementerian Perindustrian untuk membahas masalah tersebut.

(Baca: Jonan ‘Jemput Bola’ Tawarkan Investasi Hulu Migas ke BUMN Tiongkok)

Kementerian Perindustrian ini memiliki peranan penting dalam pengembangan mobil listrik karena terkait dengan produksi fisik. Sementara Kementerian ESDM nantinya akan berkontribusi dalam penyediaan listrik sebagai sumber energi.

Pembahasan mobil listrik ini menurut Rida juga sudah dilakukan di kalangan internal Kementerian ESDM. Namun sampai saat ini memang belum mengerucut.

Di sisi lain, produksi mobil listrik, kata Rida,  menjadi bagian dari Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) yang digodok oleh Kementerian Perindustrian. "Saya belum baca RIPIN nya, tapi kalau bicara sama teman teman Kemenperin ada pembahasan soal itu (mobil listrik)," kata dia. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement