Pemasangan Alat Ukur Produksi Minyak Ditarget Selesai Bulan Ini

Miftah Ardhian
4 Juli 2017, 13:42
Rig Minyak
Katadata

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menargetkan pemasangan alat ukur produksi minyak bumi (flow meter) selesai bulan ini. Target tersebut mundur dari jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya.  

Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 39 tahun 2016 menyebutkan pemasangan flow meter dilakukan secara bertahap dan harus telah terpasang paling lama enam bulan sejak aturan berlaku 29 November 2016. Namun, saat ini realisasi pemasangan masih mencapai 67 persen dari 209 titik yang sudah ditentukan.

(Baca: Aturan Baru, Alat Ukur Produksi Minyak Wajib Dipasang di Tiga Lokasi)

Secara lebih rinci, flow meter tersebut telah terpasang di 79 lokasi yang berproduksi. Kemudian, ada sekitar 8 di pengumpul. Sehingga, secara total alat ini sudah terupasang di 87 titik yang telah ditentukan. Bahkan salah satu ladang minyak milik Chveron di Blok Rokan juga telah terpasang.

Deputi Operasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) Fatar Yani Abdurrahman mengakui realisasi pemasangan alat ini mundur dari jadwal yang sudah ditetapkan oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan. Namun, hal tersebut tidak menjadi masalah lantaran memang bukan akibat kendala teknis, tetapi karena pencairan anggaran yang terlambat.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...