30% Lahan Belum Bebas, Proyek Pipa Gas Gresik-Semarang Mundur

Anggita Rezki Amelia
23 Juni 2017, 11:55
pipa gas
Katadata | Arief Kamaludin

Proyek pipa gas ruas Gresik-Semarang (Gresem) yang digarap anak usaha PT Pertamina (Persero) yakni Pertamina Gas (Pertagas) belum bisa rampung sesuai target yang telah ditentukan. Salah satu penyebabnya adalah pembebasan lahan.

Alhasil target baru penyelesaian proyek tersebut adalah sampai tahun ini. Awalnya pipa gas ruas Gresik-Semarang diprediksi rampung kuartal pertama tahun ini. (Baca: Terkendala Perizinan dan Lahan, Proyek Pipa Gas Pertamina Molor)

Advertisement

Manajer Humas Pertagas Hatim Ilwan mengakui perusahaannya memang mengalami kendala pembebasan lahan karena negosiasi dengan masyarakat membutuhkan waktu yang lama. "Saya pikir perusahaan manapun yang terkait infrastruktur tidak mudah ketika membebaskan lahan," kata dia di Jakarta, Rabu malam (21/6).

Saat ini masih ada 30 kilometer lahan yang masih belum dibebaskan. Sementara ruas pipa proyek Gresik-Semarang sendiri sepanjang 267 kilometer (km). Adapun, proses rekayasa pengadaaan dan konstruksi (EPC) proyek sudah mencapai 90 persen.

Selain masalah lahan, hingga kini pasokan gas untuk Pipa Gresik-Semarang juga belum jelas. Salah satu sumber gas yang akan mengalir di pipa ini berasal dari Lapangan Jambaran Tiung Biru, di Blok Cepu sebanyak 100 mmscfd. (Baca: Proyek Pipa Gresik Semarang Terancam Tak Dapat Pasokan Gas)

Namun hingga kini proyek Jambaran Tiung Biru belum berjalan. Padahal sebelumnya pemerintah menargetkan proyek itu bisa memproduksi gas pada 2020. "Kami percaya pemerintah berikan solusi soal pasokan yang saat ini belum ada kepastian," ujar dia. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement