Anak Usaha Pertamina Bantah Lakukan PHK Sopir Tangki BBM

Anggita Rezki Amelia
20 Juni 2017, 12:27
Spbu bbm
Katadata | Arief Kamaludin

Anak usaha PT Pertamina (Persero), PT Patra Niaga membantah memutus hubungan kerja (PHK) sopir tangki atau Awak Mobil Tangki (AMT) yang saat ini sedang mogok. Alasannya, mereka bukan karyawan organik, melainkan berasal dari perusahaan pemborong.

Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga Rudy Permana mengatakan selama ini perusahaannya bekerja sama dengan pemborong jasa penyedia sopir tangki untuk mengerjakan pengangkutan. Mereka ini lah yang menyalurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) ke wilayah-wilayah yang ditunjuk Patra Niaga.

(Baca: Sopir Tangki Mogok, Pertamina Jamin Pasokan BBM Aman Jelang Lebaran)

Namun, para sopir ini direkrut oleh para perusahaan pemborong itu. “Bagaimana kami bisa mem-PHK mereka. Kami tidak ada hubungan tenaga kerja," kata Rudy di Jakarta, senin malam (19/6).

Selain itu, saat proses evaluasi kerja yang dilakukan perusahaan pemborong terhadap sopir tangki tersebut, tidak semuanya memenuhi penilaian. Alhasil mereka yang tidak memenuhi kriteria perusahaan pemborong diberhentikan.

Jadi, menurut Rudy yang melakukan PHK adalah para perusahaan pemborong. "Mereka PHK sepihak ya, bukan Patra Niaga dan Pertamina juga. Namun perusahaan pemborongan tadi," ujar dia.

Meski bukan dari perusahaannya, Rudy mengetahui alasan mereka di-PHK. Pertama, terdapat AMT yang usianya di batas pensiun. Kemudian, mereka ada yang tidak mau menandatangani kontrak di awal. Ada juga yang tidak mau ikut tes psikotes.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...