Pemerintah Siap Berikan Insentif Bagi Pembeli Gas Blok Masela

Anggita Rezki Amelia
19 Juni 2017, 18:06
Blok migas
Katadata

Pemerintah menyiapkan insentif bagi industri yang akan menyerap gas Blok Masela. Tujuannya untuk meringankan para pembeli. Apalagi ada selisih harga antara yang diinginkan pelaku industri dan operator Blok Masela, yakni Inpex Corporation.

Para pelaku industri ini menginginkan harga sebesar US$ 3 per mmbtu. Di sisi lain, Inpex Corporation menghitung keekonomian harga gas di Blok Masela sebesar US$ 5,86 per mmbtu.

(Baca: Di Atas Permintaan Industri, Harga Gas Masela Dipatok US$ 5,5)

Direktur Industri Kimia Hulu Kementerian Perindustrian Muhammad Khayam mengatakan nantinya harga yang dipakai tetap US$ 5,86 per mmbtu. Namun pelaku industri mendapat keringanan dalam menjalankan bisnisnya. “Bisa dikompensasikan dengan macam-macam, misalnya tax holiday," kata dia usai rapat koordinasi membahas penyerapan gas Masela di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Jakarta, Senin (16/6).

Dengan insentif itu, para pelaku industri diharapkan bisa mencapai keekonomian ketika membangun pabriknya di kawasan Masela. Alhasil proyek tersebut bisa memberikan nilai tambah bagi perekonomian daerah.

Dalam rapat yang berlangsung hari ini, Khayam mengaku belum ada alokasi gas berubah. Adapun industri yang akan membeli gas adalah PT Pupuk Indonesia dengan alokasi 214 mmscfd, Elsoro Multi Prima 160 mmscfd dan Kalimantan Metanol Indonesia (KMI)/Sojitz 100 mmscfd. Komposisi alokasi ini berdasarkan surat Kementerian Perindustrian terhadap Menteri ESDM pada November tahun lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...