Kepala SKK Migas Tak Diganti, Arcandra Sebut Alasan "Strategi"

Salah satu target yang harus dilaksanakan pimpinan baru SKK Migas adalah cost recovery bisa berkurang dan mempertahankan produksi. Bahkan, kalau bisa produksi meningkat.
Anggita Rezki Amelia
29 Mei 2017, 16:39
IPA 2017
Arief Kamaludin|KATADATA
Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Presiden IPA Christina Verchere dan Dirjen Migas Kementerian ESDM I.G.N. Wiratmaja Puja, usai membuka IPA Convex 2017 di Jakarta, Rabu (17/5).

Pemerintah telah merombak pimpinan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Yang menarik, Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi tetap bertahan meski sebelumnya santer bakal diganti. Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengungkapkan alasan keputusan tersebut.

Menurut Arcandra,  pemerintah tidak mencopot Amien karena memiliki strategi. Sayangnya, dia tidak mau menjabarkan detail strategi tersebut. “Ada strategi. Yang sementara, kami rasa itu dulu (pimpinan SKK Migas yang diganti),” katanya di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Senin (29/5).

(Baca: Jonan Ganti Wakil Kepala dan Deputi SKK Migas, Amien Bertahan)

Arcandra juga belum mau menyebutkan rencana waktu pergantian Kepala SKK Migas. Ia juga membantah sudah membahas pergantian Amien Sunaryadi dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. “Ya sudah lah itu yang ada dulu nikmati (pimpinan baru SKK Migas),” ujar dia.

Arcandra  memang mengunjungi kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Senin pagi. Namun, ia mengaku pertemuan itu hanya membahas program kerja.

Yang jelas, menurut Arcandra, perombakan pimpinan SKK Migas bertujuan memperbaiki kinerjanya. Selain itu, program yang sudah direncanakan bisa dieksekusi dengan baik. Pemerintah juga merasa butuh darah semangat baru dengan orang-orang baru.

Salah satu target yang harus dilaksanakan pimpinan baru tersebut adalah penggantian biaya operasi (cost recovery) bisa berkurang dan bisa mempertahankan produksi. Bahkan kalau bisa produksi migas meningkat.

Untuk mencapai target itu, Kementerian ESDM dan SKK Migas juga akan mengumpulkan para kontraktor migas pekan depan. Dalam pertemuan itu, pihak pemerintah akan menyampaikan program untuk tiga bulan ke depan.

(Baca: Menteri Jonan Rombak Pimpinan SKK Migas)

Seperti diketahui, Menteri ESDM Ignasius Jonan telah melantik lima pejabat baru di SKK Migas. Pertama, Sukandar menggantikan M.I. Zikrullah sebagai Wakil Kepala SKK Migas. Kedua, Jaffee Arizon Suardin. Ia menempati posisi Deputi Perencanaan menggantikan Gunawan Sutadiwiria

Ketiga, Arief Setiawan Handoko  menjadi Sekretaris pada SKK Migas menggantikan Budi Agustyono. Keempat, Fatar Yani Abdurrahman yang menjadi Deputi Operasi SKK Migas menggantikan Muliawan. (Baca: Kedekatan Pimpinan Baru SKK Migas dengan Menteri dan Wamen ESDM)

Kelima, M. Atok Urrahman  sebagai Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas menggantikan Rudianto Rimbono. 

Video Pilihan

Artikel Terkait