Kepala SKK Migas Tak Diganti, Arcandra Sebut Alasan "Strategi"

Anggita Rezki Amelia
29 Mei 2017, 16:39
IPA 2017
Arief Kamaludin|KATADATA
Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Presiden IPA Christina Verchere dan Dirjen Migas Kementerian ESDM I.G.N. Wiratmaja Puja, usai membuka IPA Convex 2017 di Jakarta, Rabu (17/5).

Pemerintah telah merombak pimpinan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Yang menarik, Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi tetap bertahan meski sebelumnya santer bakal diganti. Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengungkapkan alasan keputusan tersebut.

Menurut Arcandra,  pemerintah tidak mencopot Amien karena memiliki strategi. Sayangnya, dia tidak mau menjabarkan detail strategi tersebut. “Ada strategi. Yang sementara, kami rasa itu dulu (pimpinan SKK Migas yang diganti),” katanya di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Senin (29/5).

Advertisement

(Baca: Jonan Ganti Wakil Kepala dan Deputi SKK Migas, Amien Bertahan)

Arcandra juga belum mau menyebutkan rencana waktu pergantian Kepala SKK Migas. Ia juga membantah sudah membahas pergantian Amien Sunaryadi dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. “Ya sudah lah itu yang ada dulu nikmati (pimpinan baru SKK Migas),” ujar dia.

Arcandra  memang mengunjungi kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Senin pagi. Namun, ia mengaku pertemuan itu hanya membahas program kerja.

Yang jelas, menurut Arcandra, perombakan pimpinan SKK Migas bertujuan memperbaiki kinerjanya. Selain itu, program yang sudah direncanakan bisa dieksekusi dengan baik. Pemerintah juga merasa butuh darah semangat baru dengan orang-orang baru.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement