Bulan Depan, Pertamina Akan Umumkan Mitra di Kilang Bontang

Anggita Rezki Amelia
24 Mei 2017, 19:11
Migas
Dok. Chevron

PT Pertamina (Persero) akan mengumumkan investor yang menjadi mitranya untuk membangun Kilang Bontang di Kalimantan Timur, bulan depan. Dari sembilan perusahaan, saat ini ada dua perusahaan yang menjadi calon kuat, yakni perusahaan asal Tiongkok, Sinopec, dan Kuwait Petroleum Internasional (KPI).

Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina Rachmad Hardadi mengatakan, perlu waktu untuk mengevaluasi calon mitra sebelum diumumkan pemenangnya. “Pertamina akan mengumumkan pemenang yang menjadi mitranya di Kilang Bontang pada Juni mendatang,” kata dia di Jakarta, Rabu (24/5).

Advertisement

(Baca: Kuwait dan Tiongkok Calon Kuat Mitra Pertamina di Kilang Bontang)

Sedangkan Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik mengatakan, perusahaannya hanya akan memiliki porsi kepemilikan sekitar 5 sampai 10 persen, sisanya untuk mitra. Alasannya Pertamina tengah melakukan pengetatan biaya agar tetap bisa membiayai proyek besar lainnya. 

Dalam pelaksanaannya nanti, Pertamina tidak ingin menjadi pembeli (offtaker) hasil olahan minyak Kilang Bontang sepenuhnya. Namun dengan sistem penjualan hasil kilang bersama atau joint marketing effort.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement