Pertamina Bisa Beli Minyak dari Perusahaan UEA Tanpa Perantara

Arnold Sirait
19 Mei 2017, 17:28
minyak
Katadata

PT Pertamina (Persero) tanpa perantara bisa membeli minyak mentah dari perusahaan asal Uni Emirat Arab (UEA), yaitu ADNOC. Hal tersebut dimungkinkan berkat kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan UEA.  

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, kerja sama itu tidak cuma pembelian minyak mentah namun juga elpiji. “Pembelian langsung elpiji dan minyak mentah dari ADNOC ke Pertamina diharapkan tidak melalui pihak ketiga,” kata dia berdasarkan siaran persnya, Kamis (18/5).

(Baca: Mau Investasi Rp 67 Triliun, Uni Emirat Arab Minta Jaminan Pemerintah)

Meski sudah ada pembicaraan kerja sama tersebut, Vice President (VP) Integrated Supply Chain (ISC) Daniel Purba belum mengetahui volume minyak mentah dan elpiji yang akan diimpor. “Masih prinsip antara kedua pemerintah dulu. Belum bicara detail,” kata dia kepada Katadata, Jumat (19/5).

Seperti diketahui, Menteri ESDM memimpin delegasi Indonesia pada “The Second Republic of Indonesia-United Arab Emirates Economic Task Force” di Jakarta, Kamis, (18/5). Sedangkan UEA dipimpin oleh Menteri Energi UEA Suhail Mohamed Al Mazroei. 

The Second Republic of Indonesia-United Arab Emirates Economic Task Force ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya yang berlangsung di Abu Dhabi, 17 Januari lalu. Ruang lingkup kerja sama meliputi bidang migas, ketenagalistrikan dan energi baru terbarukan, pelabuhan, penerbangan, pertanian, kerja sama ekonomi dan lainnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...