Medco Siapkan Rp 1,7 Triliun untuk Mengebor 6 Sumur Blok B Natuna

Arnold Sirait
28 April 2017, 11:48
Medco Energi
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Medco Energi Internasional Tbk siap mengucurkan dana sebesar US$ 130 juta atau Rp 1,7 triliun untuk mengebor enam sumur pengembangan di South Natuna Sea Blok B. Pengeboran ini dilakukan untuk mengakses cadangan hidrokarbon yang belum termanfaatkan sampai saat ini.

Presiden Direktur Medco Energi Internasional Hilmi Panigoro mengatakan, aktivitas pengeboran sudah berjalan sejak bulan Maret dan sumur pertama pun sudah selesai. “Sekarang sedang mengerjakan sumur kedua dari total enam sumur yang akan dibor,” kata dia kepada Katadata, Kamis (27/4).

Advertisement

(Baca: Garap 3 Proyek Besar Tahun Depan, Medco Sedia Rp 46 Triliun)

Medco Energi sebenarnya secara resmi menjadi pengelola South Natuna Sea Block B sejak tahun lalu. Perusahaan ini mengelola blok tersebut setelah mengakuisisi kepemilikan anak perusahaan migas asal Amerika Serikat (AS), ConocoPhillips yakni ConocoPhillips Indonesia Inc Ltd (CIIL).

Setelah akuisisi tersebut, Medco memiliki hak kelola sebanyak 40 persen dan menjadi operator di South Natuna Sea Blok B. Hak kelola lain dipegang oleh Inpex dan Chevron, masing-masing sebesar 35 persen.

Chief Executive Officer (CEO) Medco Roberto Lorato pernah mengatakan, akuisisi ini akan memberikan tambahan cadangan minyak dan gas yang signifikan. Selain itu, menambah produksi tahunan Medco lebih dari 35 persen.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement