Kewajiban Standardisasi Euro 4 Hanya untuk Mobil Tipe Baru

Anggita Rezki Amelia
23 April 2017, 10:00
Spbu bbm
Katadata | Arief Kamaludin

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) telah menerbitkan peraturan terkait kewajiban standardisasi Euro 4 untuk kendaraan bermotor. Namun, kewajiban ini hanya berlaku untuk mobil tipe yang baru dikeluarkan.

Menurut Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian LHK Karliansyah, kewajiban standardisasi Euro 4 ini bukan hanya mencakup penggunaan bahan bakarnya, melainkan juga teknologinya. "Makanya teknologinya harus menyesuaikan," kata dia kepada Katadata, Jumat (21/4).

Advertisement

(Baca: Aturan Terbit, Kendaraan Wajib Pakai BBM Euro 4 Tahun Depan)

Pasal 2 ayat 1 Peraturan Menteri LHK Nomor P20/MenLHK/Setjen/Kum.1/3/2017 menyebutkan setiap usaha dan kegiatan produksi kendaraan bermotor tipe baru wajib memenuhi ketentuan Baku Mutu Emisi Gas Buang. Adapun, kendaraan bermotor tipe baru ini terbagi menjadi tiga kategori, yakni M, N dan O.

Kendaraan bermotor kategori M merupakan  kendaraan  bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk angkutan orang. Kemudian kategori N untuk angkutan barang. Sedangkan kategori O adalah kendaraan bermotor penarik untuk gandengan atau tempel.

Penerapan penggunaannya pun dilakukan bertahap. Bagi kendaraan bermotor berbahan bakar bensin, CNG dan elpiji, wajib memenuhi emisi gas buang paling lambat satu tahun enam bulan sejak tujuh April. Sedangkan berbahan bakar diesel paling lambat empat tahun.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian LHK Bambang Hendroyono mengatakan, program ini harus segera dimulai. Jika tidak maka Indonesia akan tertinggal dibanding negara lain. Apalagi, Malaysia dan Filipina sudah menerapkan standardisasi  Euro 4 pada bahan bakarnya.

Namun, Bambang mengakui, pelaksanaannya bisa bertahap seiring dengan kesiapan kilang minyak Pertamina yang baru bisa menghasilkan BBM standar Euro 4 paling cepat 2021. "Tidak harus langsung jadi 100 persen. Bertahap, kan menuju 2021 harus ada tahapan perencanaan dari sekarang," kata dia. 

(Baca: Belum Siap, Pertamina Baru Bisa Produksi BBM Euro 4 pada 2025)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement