Pertamina Akan Teken Kontrak Baru Tujuh Blok Migas Bulan Depan

Anggita Rezki Amelia
5 April 2017, 19:57
Migas
Dok. Chevron

Pemerintah sudah memutuskan memberikan hak kelola delapan blok minyak dan gas bumi (migas) yang akan berakhir kontraknya ke PT Pertamina (Persero). Penandatanganan kontrak baru tersebut rencananya berlangsung bulan depan.

Namun, menurut Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I.G.N. Wiratmaja Puja, tidak seluruh kontrak blok tersebut bakal ditandatangani pada Mei nanti. Dari delapan blok tersebut, hanya tujuh blok yang kontraknya akan ditandatangani saat pameran yang digelar Indonesia Petroleum Association (IPA) ke-41.

(Baca: 8 Blok Migas yang Akan Habis Kontrak Diserahkan ke Pertamina)

Adapun blok yang tidak ditandatangani kontraknya adalah Blok NSO. ''Lapangan yang sudah terminasi, kontrak barunya akan ditandatangani semuanya pada saat IPA (Mei), kecuali Blok NSO,” katanya.

Menurut Wiratmaja, penandatanganan kontrak Blok NSO akan dilakukan bersamaan dengan Blok B yang berada di Aceh. Alasannya kedua blok ini lokasinya sangat berdekatan.

Sementara itu, kontrak Blok B belum bisa ditandatangani dalam waktu dekat karena hasil evaluasi  Badan Pengelola Minyak dan Gas Bumi Aceh (BPMA) belum rampung. Penandatanganan ini akan dilakukan setelah proses evaluasi selesai.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...