Kuartal I 2017, Dana Penggantian Operasi Migas Turun 13 Persen

Anggita Rezki Amelia
31 Maret 2017, 19:10
Migas
Katadata | Dok.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat realisasi penggantian biaya operasi industri migas (cost recovery) hingga 29 Maret lalu sebesar US$ 2,38 juta atau setara Rp 31,70 miliar. Jumlah ini menurun 13 persen dibandingkan realisasi kuartal pertama tahun lalu yang mencapai US$ 2,74 juta atau setara Rp 36 miliar.

Deputi Keuangan dan Monetisasi SKK Migas Parulian Sihotang mengatakan, salah satu penyebab penurunan cost recovery itu adalah aktivitas pengeboran belum berlangsung masif pada tiga bulan pertama tahun ini. "Beberapa kegiatan pengeboran baru dilakukan di kuartal kedua," kata dia kepada Katadata beberapa waktu lalu.

(Baca: BPK Temukan Penyimpangan Cost Recovery ConocoPhillips dan Total)

Penyebab lainnya adalah efisiensi para pelaku industri migas. Turunnya harga minyak dunia juga membuat SKK Migas menegosiasikan ulang harga pengadaan barang dan jasa yang diajukan oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS).

Efisiensi ini penting agar cost recovery tidak membengkak seperti tahun lalu menjadi US$ 13,1 miliar. ''Sesuai arahan Menteri ESDM harus bisa lebih efisien, bahkan lebih rendah dari target APBN," kata dia. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...