Harga Premium dan Solar Subsidi Tak Berubah Sampai Lebaran

Anggita Rezki Amelia
24 Maret 2017, 17:19
BBM SPBU
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemerintah tidak akan mengubah harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium dan Solar subsidi untuk periode April hingga Juni 2017. Artinya, harga BBM untuk dua jenis tersebut akan tetap hingga momen Lebaran nanti. Pertimbangannya agar harga tidak terlalu bergejolak sehingga dapat membebani masyarakat.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan harga Premium dan Solar bersubsidi untuk tiga bulan ke depan sama dengan saat ini. "Itu (harga BBM) diusahakan April sampai Juni tidak akan naik," kata dia di Jakarta, Jumat (24/3).

(Baca: Tarif Listrik dan BBM Picu Infasi, Pemerintah Perlu Siapkan BLT)

Dengan kebijakan itu artinya harga jual kedua jenis BBM ini tidak berubah sejak April tahun lalu. Harga jual Solar subsidi sebesar Rp 5.150 per liter. Sedangkan harga Premium jenis penugasan untuk wilayah non-Jamali (Jawa-Madura-Bali) Rp 6.450 per liter. Adapun, harga jual minyak tanah Rp 2.500 per liter. 

Padahal, jika mengacu harga minyak mentah dunia dalam tiga bulan terakhir menunjukkan tren kenaikan. Berdasarkan data harga minyak OPEC, harga rata-rata Oktober sampai Desember 2016 masih US$ 47,58 per barel. Sedangkan periode Januari sampai Maret mencapai US$ 52,15 per barel.

 Sementara itu, nilai tukar rupiah terhadap dolarAmerika Serikat (AS) di Bank Indonesia pada periode Oktober sampai Desember 2016 memang melemah 2,36 persen. Namun, sejak Januari sampai Maret lalu menguat 0,08 persen.

Jonan mengatakan, PT Pertamina (Persero) tidak akan menderita kerugian dengan kebijakan harga BBM ini. Apalagi, Pertamina  memiliki keuntungan dari penjualan  BBM saat harga minyak anjlok namun pemerintah tidak menurunkan harga BBM.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...