Pemprov Maluku Permudah Pembebasan Lahan Kilang Masela

Anggita Rezki Amelia
22 Maret 2017, 16:52
Blok Masela
Arief Kamaludin | Katadata

Pemerintah Provinsi Maluku menjamin kemudahan pembebasan lahan untuk proyek pembangunan kilang gas Masela. Tujuannya agar proyek bisa berjalan cepat dan dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar.

Gubernur Maluku Said Assagaff mengatakan, mulai tahun ini pembebasan lahan akan menjadi perhatian pemerintah daerah. Hal ini sesuai dengan instruksi dari Presiden Joko Widodo untuk mempercepat proses tersebut. (Baca: SKK Migas Cari Lahan 600 Hektare untuk Proyek Blok Masela)

Dalam rangka pembahasan lahan, Said akan mulai berkunjung ke beberapa lokasi di Maluku. “Tahun ini juga saya akan meninjau beberapa daerah  di sana, antara lain Selaru untuk kesejahteraan masyarakat di sana,” kata dia saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Rabu (22/3).

Untuk menghindari calo, pemerintah daerah juga sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat sejak tahun lalu. Dalam sosialisasi tersebut, pemerintah daerah melarang perorangan membeli tanah dalam jumlah besar.

Said juga sudah menerima paparan dari studi yang dilakukan kontraktor mengenai lokasi yang cocok untuk pembangunan kilang. Namun, ia belum mau menyebut lokasinya. Yang jelas, ada beberapa pertimbangan dalam pemilihan lokasi, yakni topografi, dan kondisi alam seperti arah angin.

Menurut dia, pemilihan lokasi juga harus mempertimbangkan dua hal, yaitu daerah harus tetap aman dan masyarakat mendapat kesejahteraan. “Sudah ada lokasinya, Cuma jangan dari saya dulu, nanti tidak enak,” ujar dia.

(Baca: Menteri ESDM Minta Pemda Maluku Awasi Calo Tanah Proyek Masela)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...