Pertamina Tunggu Restu Pemerintah Beli Gas Blok Masela

Anggita Rezki Amelia
9 Maret 2017, 13:33
Wianda Pertamina
Arief Kamaludin | Katadata

PT Pertamina (Persero) berencana membeli gas  dari Blok Masela. Namun, rencana tersebut masih harus menunggu terlebih dahulu keputusan alokasi gas dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro membenarkan keinginan Pertamina membeli gas dari Blok Masela. Namun, dia belum mau membicarakan volume gas yang akan dibeli tersebut.

(Baca: Kemenperin Pangkas Alokasi Gas Masela untuk Industri Dalam Negeri)

Alasannya, menurut Wianda, alokasi gas yang akan dibeli tergantung dari pemerintah. "Sejauh ini kami terbuka dan positif saja terhadap rencana term komersial yang harus dipertimbangkan sembari menunggu keputusan alokasi dari Kementerian ESDM," kata dia kepada Katadata, Kamis (9/3).

Sementara itu, Direktur Industri Kimia Dasar, Direktorat Jenderal Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka (IKTA) Kementerian Perindustrian Muhammad Khayam menyatakan, Pertamina akan membeli sekitar 200 mmscfd gas dari Blok Masela. Hal ini merupakan inisiatif Pertamina.

Gas tersebut akan digunakan untuk membangun industri petrokimia di kawasan Masela, Maluku. "Itu usulan Pertamina," kata dia, Selasa (7/3).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...