Kementerian BUMN Pastikan Dirut Baru Pertamina Bulan Ini

Anggita Rezki Amelia
8 Maret 2017, 18:19
No image

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah mengantongi beberapa nama calon Direktur Utama PT Pertamina (Persero) yang baru. Para calon tersebut telah diserahkan kepada Presiden Joko Widodo untuk segara diputuskan.

Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat berharap orang nomor satu di Pertamina ini bisa segera diumumkan. “Bulan ini Insya Allah,” kata dia di Jakarta, Rabu (8/3).

(Baca: Pencopotan Dirut Pertamina Diduga Akibat Tarik-Menarik Politik)

Edwin yang juga komisaris di Pertamina mengatakan, Dewan Komisaris sebenarnya telah menyeleksi lima nama yang akan menjadi Dirut Pertamina. Mereka semua berasal dari internal Pertamina.

Penyaringan lima calon tersebut berdasarkan penilaian dewan komisaris selama sebulan terakhir. "Di Dewan Komisaris semua di assessment. Dari lima orang itu, tiga yang terbaik," kata dia.

Tiga calon tersebut layak menjadi Dirut Pertamina karena memenuhi  kriteria  yang diinginkan dewan komisaris. Kriterianya adalah memiliki kemampuan kepemimpinan (leadership), mampu mengelola bisnis, berintegritas dan memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus.  (Baca: Perpanjangan Jabatan Plt Dirut Pertamina Dinilai Langgar Aturan)

Edwin menambahkan, pemimpin baru Pertamina tidak perlu harus menguasai semua aspek teknis di perusahaan. Yang penting bisa menjadi pemimpin yang dapat membawa perusahaan BUMN itu mencapai visi-misi yang telah ditetapkan selama ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...