Ribuan Rumah Warga Ogan Ilir di Sumsel Tersambung Aliran Gas

Anggita Rezki Amelia
8 Maret 2017, 10:43
Gas jargas
Katadata | Arief Kamaludin

Warga Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, sekarang sudah bisa menikmati aliran gas bumi di rumahnya masing-masing. Hal ini menyusul rampungnya proyek jaringan gas kota di kawasan tersebut oleh anak usaha PT pertamina Gas, yaitu PT Pertagas Niaga (PTGN). 

President Director PTGN Linda Sunarti mengatakan, gas tersebut telah mengalir kepada 124 kompor milik warga di Kelurahan Indralaya Indah serta Tanjung Steko, Senin (6/3) lalu. Selanjutnya pengaliran gas akan dilakukan secara bertahap hingga seluruh 3.725 Sambungan Rumah tangga (SR) teraliri gas.

(Baca: Jaringan Gas Hemat Pemakaian Elpiji 36 Ribu Ton Per Tahun)

"Dengan dialirkannya jargas di Ogan Ilir ini warga bisa mendapatkan suplai gas kontinyu 24 jam dengan lebih mudah," kata Linda berdasarkan siaran pers PTGN, Rabu (8/3).

Kabupaten Ogan Ilir menjadi wilayah kedua di Sumatera Selatan yang mendapatkan program jaringan gas (jargas) setelah Kota Prabumulih. Proyek ini merupakan program Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM yang ditugaskan kepada Pertamina dengan memakai dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Penugasan ini berdasarkan Keputusan Menteri ESDM No.3328K/12/MEM/2015.  Setelah mendapat penugasan dari pemerintah, Pertamina meminta cucu usahanya yakni PTGN bermitra dengan PD Petro Ogan Ilir untuk mengoperasikan jaringan gas tersebut.

Grafik: Pelanggan Rumah Tangga Jaringan Distribusi Gas Nasional 2015-2030
Pelanggan Rumah Tangga Jaringan Distribusi Gas Nasional 2015-2030

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...