Ribuan Rumah Warga Ogan Ilir di Sumsel Tersambung Aliran Gas

Dengan adanya jaringan gas, maka pemerintah dapat mengurangi ketergantungan impor elpiji.
Anggita Rezki Amelia
8 Maret 2017, 10:43
Gas jargas
Katadata | Arief Kamaludin

Warga Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, sekarang sudah bisa menikmati aliran gas bumi di rumahnya masing-masing. Hal ini menyusul rampungnya proyek jaringan gas kota di kawasan tersebut oleh anak usaha PT pertamina Gas, yaitu PT Pertagas Niaga (PTGN). 

President Director PTGN Linda Sunarti mengatakan, gas tersebut telah mengalir kepada 124 kompor milik warga di Kelurahan Indralaya Indah serta Tanjung Steko, Senin (6/3) lalu. Selanjutnya pengaliran gas akan dilakukan secara bertahap hingga seluruh 3.725 Sambungan Rumah tangga (SR) teraliri gas.

(Baca: Jaringan Gas Hemat Pemakaian Elpiji 36 Ribu Ton Per Tahun)

"Dengan dialirkannya jargas di Ogan Ilir ini warga bisa mendapatkan suplai gas kontinyu 24 jam dengan lebih mudah," kata Linda berdasarkan siaran pers PTGN, Rabu (8/3).

Kabupaten Ogan Ilir menjadi wilayah kedua di Sumatera Selatan yang mendapatkan program jaringan gas (jargas) setelah Kota Prabumulih. Proyek ini merupakan program Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM yang ditugaskan kepada Pertamina dengan memakai dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Penugasan ini berdasarkan Keputusan Menteri ESDM No.3328K/12/MEM/2015.  Setelah mendapat penugasan dari pemerintah, Pertamina meminta cucu usahanya yakni PTGN bermitra dengan PD Petro Ogan Ilir untuk mengoperasikan jaringan gas tersebut.

Grafik: Pelanggan Rumah Tangga Jaringan Distribusi Gas Nasional 2015-2030
Pelanggan Rumah Tangga Jaringan Distribusi Gas Nasional 2015-2030

Linda mengatakan, pasokan gas di Ogan Ilir berasal dari sumur Pertamina EP yang disalurkan melalui pipa transmisi anak usaha Pertamina, PT Pertamina Gas. Volume gasnya sebesar 0,2 juta kaki kubik per hari (mmscfd).

Adapun, sambungan jargas Ogan Ilir mencakup wilayah Kelurahan Timbangan, Tanjung Steko, Indralaya Indah, Indralaya Utara,  dan Indralaya Mulia. (Baca: Proyek Rampung, 3.489 Rumah di Balikpapan Nikmati Gas Bumi)

Ke depan, program jargas di Sumatera Selatan akan terus meningkat. Tahun ini akan dibangun jargas di dua kota di Sumatera Selatan yakni Muara Enim dan Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)  masing -masing sebanyak 5.000 SR.

Selain di Ogan Ilir, PTGN  akan membangun jargas di Kabupaten Subang, dan Cilegon. Sedangkan pemerintah kembali menugaskan Pertamina tahun ini untuk membangun instalasi jargas baru di enam kota. Tujuannya mengejar target tersambungnya 130.880 SR tahun ini. 

(Baca: Jaringan Gas Rumah Tangga Hanya Dibangun di Kota Dekat Sumber Gas)

Di sisi lain,  kepada masyarakat yang telah menikmati gas bumi melalui jargas, agar selalu menjaga instalasi pipa gas bumi pada rumah dan masing-masing lingkungan tempat warga bermukim. Dengan adanya jargas, maka pemerintah dapat mengurangi ketergantungan impor elpiji.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait