Impor Minyak Mentah dari Iran Tunggu Hasil Uji Coba

Anggita Rezki Amelia
3 Maret 2017, 19:42
minyak
Katadata

Kerja sama jual-beli minyak mentah dari Iran sampai saat ini belum bisa terealisasi. Kendalanya adalah masih menunggu hasil uji coba kecocokan minyak tersebut untuk diolah di Kilang Cilacap, Jawa Tengah. 

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan, PT Pertamina masih menguji coba minyak asal Iran yang saat ini telah sampai ke Indonesia. Uji coba itu dilakukan untuk menilai apakah minyak mentah tersebut cocok untuk kilang Pertamina di dalam negeri.

"Satu juta kan sudah sampai, kita tes dulu di Kilang Cilacap," kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (3/3). (Baca: Uji Coba Minyak Iran di Kilang Cilacap Terhambat Proses Negosiasi)

Pembelian minyak mentah dari Iran tersebut merupakan salah satu rencana kerja sama Pertamina dengan Iran. Ini merupakan buah hasil kunjungan Presiden Joko Widodo saat melawat ke Iran pada akhir tahun lalu.

Pada tahap ini, Iran telah mengirimkan satu kargo minyak jenis Iranian Light Crude dengan volume sebesar satu juta barel. Nilai kontrak uji coba minyak itu berkisar US$ 50 juta, dengan asumsi harga minyak sebesar US$ 50 per barel. Adapun, minyak tersebut sudah masuk tahap pemuatan (loading) ke kapal pada 4 Februari lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...