Pertamina Mulai Alirkan Gas Lapangan Cikarang Tegal Pacing

Anggita Rezki Amelia
2 Maret 2017, 13:04
pipa gas pertamina
Arief Kamaludin|Katadata

Lapangan Cikarang Tegal Pacing Development Project (CTDP) yang dioperatori oleh PT Pertamina EP, mulai mengalirkan gas bumi ke fasilitas produksi utama Pondok Makmur Bekasi. Volume gas yang dialirkan sebesar 6,4 juta kaki kubik per hari (mmscfd) sejak 26 Februari lalu dan akan terus meningkat secara perlahan hingga 14 mmscfd.

Pelaksana Tugas Harian Presiden Direktur PT Pertamina EP Nanang Abdul Manaf mengatakan, pengaliran gas ini sesuai dengan target waktu yang ditetapkan oleh SKK Migas. “Ini juga sejalan dengan kebijakan manajemen PT Pertamina (Persero) dalam rangka mempercepat monetisasi temuan eksplorasi di struktur Tegal Pacing”, ujar dia berdasarkan siaran persnya, Rabu (1/3).

(Baca: Produksi Migas 2016 Pertamina Hulu Energi Lampaui Target)

Gas dari CTDP ini dikumpulkan di fasilitas produksi utama Pondok Makmur Bekasi, yang memiliki kapasitas produksi mencapai 42 juta kaki kubik gas per hari (MMSCFD) dan sekitar 4.000 barel likuid per hari. Setelah itu dipasok untuk memenuhi kebutuhan pembeli domestik.

Ada dua perusahaan yang akan menikmati gas ini. Pertama, PT PJB Muara Tawar sebanyak 20 MMSCFD untuk kebutuhan listrik. Kedua, PT Pertamina Gas (Pertagas) sebanyak 3,5 MMSCFD untuk dijadikan elpiji.

Selain itu, produksi gas dari Pondok Makmur juga dinikmati Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bekasi. Sementara kondensat yang diproduksi Lapangan Pondok Makmur untuk kebutuhan Pertamina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...