Lelang Blok Migas Nonkonvensional Tidak Laku

Anggita Rezki Amelia
1 Maret 2017, 19:50
Rig
Katadata

Lelang wilayah kerja nonkonvensional minyak dan gas bumi (migas) tahun 2016 yang digelar Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), tanpa pemenang alias tidak laku. Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM I.G.N Wiratmaja Puja mengatakan, penyebabnya adalah beberapa regulasi yang membuat iklim investasi tidak menarik.

“Karena itu harus dicari cara agar atraktif,'' kata dia dalam bincang-bincang dengan para wartawan di Jakarta, Rabu (1/3). Sebagai gambaran, pemerintah melelang tiga blok dengan dua skema berbeda pada Oktober tahun lalu. Blok MNK Batu Ampar dilelang dengan skema reguler. Sedangkan Blok GMB Bungamas dan GMB Raja dilelang melalui skema penawaran langsung.

Advertisement

Dari tiga blok itu, hanya satu perusahan yang mengajukan proposal, yakni PT Mantra Energi Services di Blok GMB Bungamas. Namun, dokumennya tidak lengkap sehingga Kementerian ESDM menghentikan penilaian proposal penawarannya. (Baca: Pelaku Industri Soroti Skema Kerjasama di Lelang Blok Migas)

Setali tiga uang dengan blok nonkonvensional, lelang blok konvensional juga sepi peminat. ''Ini lagi kami evaluasi, kemungkinan satu (pemenang),'' kata Wiratmaja.

Sayangnya, ia belum mau menyebutkan nama bloknya. Yang jelas, pemenang lelang blok migas konvensional terdapat di skema lelang blok dengan penawaran langsung. Pemerintah menargetkan bulan depan sudah ada pengumuman untuk pemenang blok konvensional.

(Baca: Pengeboran Migas Nonkonvensional Hemat 90 Persen)

Seperti diketahui, pemerintah pada tahun lalu melelang 14 blok migas konvensional. Lelang ini terdiri dari tujuh WK melalui mekanisme penawaran langsung dan tujuh WK melalui mekanisme lelang reguler.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement