Jokowi Sibuk Terima Raja Arab, Keputusan Bos Baru Pertamina Tertunda

Ameidyo Daud Nasution
28 Februari 2017, 20:56
Jokowi
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/Pras/17
Presiden Joko Widodo tertawa saat berbincang dengan beberapa menteri sebelum rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, 5 Januari 2017.

Masa jabatan pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama PT Pertamina (Persero) kemungkinan besar diperpanjang. Salah satu penyebabnya adalah penentuan Direktur Utama (Dirut) definitif belum bisa dilakukan karena kesibukan Presiden Joko Widodo.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengatakan penundaan akan dilakukan untuk mengantisipasi sibuknya kegiatan Presiden karena ada kunjungan dari Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud. "Jabatan Plt Dirut bisa diperpanjang, apalagi Presiden sampai sekarang masih sibuk," kata Rini ditemui di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (28/2). (Baca: Kesibukan Tuan Rumah Sambut Rombongan Raja Arab)

Rencana awalnya Direktur Utama Pertamina bisa terpilih 30 hari setelah Dwi Soetjipto diberhentikan dari jabatannya. Dwi Soetjipto dicopot dari posisi Dirut berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada 3 Februari 2017. Selain Dwi, Ahmad Bambang juga terlempar dari posisi Wakil Dirut.

Meski penetapan Dirut baru Pertamina akan tertunda, Rini mengaku sudah mengantongi sejumlah nama calon. Sayangnya dia masih enggan menyebutkan siapa saja nama calon bos perusahaan minyak dan gas bumi plat merah tersebut. "Pasti sudah ada (calon), banyak lah," kata Rini.

Sebelumnya Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah menerima usulan lima nama calon Dirut dari Dewan Komisaris Pertamina. Menurut Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah, kelimanya masih menjabat sebagai Direksi Pertamina.

(Baca: Dewan Komisaris Usulkan Lima Calon Dirut Pertamina)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...