Pengeboran Sumur Pertamina di Blok Mahakam Mulai Bulan Depan

Anggita Rezki Amelia
16 Februari 2017, 13:57
skk migas.jpg
www.skkmigas.go.id

PT Pertamina (Persero) sedang mempersiapkan pengeboran sumur minyak dan gas bumi (migas) di Blok Mahakam, Kalimantan Timur. Hal ini sesuai dengan komitmen Badan Usaha Milik Negara (BUMN) energi ini untuk menjaga produksi blok tersebut agar tidak turun saat menerima alih kelolanya dari Total E&P Indonesie pada tahun depan.

Direktur PT Pertamina Hulu Mahakam Ida Yusmiati mengatakan, pihaknya mengupayakan agar pengeboran sumur di Blok Mahakam bisa berjalan bulan depan. "Belum diputuskan tanggalnya, diharapkan tetap bisa mulai pada Maret," kata dia kepada Katadata, Kamis (16/2). (Baca: Total Belum Prioritaskan Beli Hak Kelola Blok Mahakam)

Advertisement

Menurut dia, proses tersebut harus segera dilakukan agar target jumlah sumur yang dibor Pertamina di Blok Mahakam dapat tercapai. "Bisa jadi jumlah sumur berkurang, tapi dampaknya tidak signifikan," ujarnya.

Sebagai gambaran, target pengeboran sumur di Blok Mahakam tahun ini berjumlah 25 sumur. Dari jumlah itu, Pertamina mendanai 19 sumur namun pengerjaannya dilakukan oleh Total selaku operator. Pertamina menyiapkan US$ 180 juta atau sekitar Rp 2,34 triliun untuk mengebor 19 sumur tersebut.

Sementara itu, sisanya sebanyak enam sumur akan didanai oleh Total. President & General Manager Total E&P Indonesie  Arividya Noviyanto  mengatakan, Total pada awal Maret akan mengebor enam sumur di Blok Mahakam. "Setelah itu (bor) untuk Pertamina," kata dia kepada Katadata, Selasa (14/2).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement