Dianggap Biang Masalah, Posisi Wakil Dirut Pertamina Dihapuskan

Anggita Rezki Amelia
3 Februari 2017, 17:01
Dwi Abe
Katadata | Arief Kamaludin
Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dan Wakil Dirut Pertamina Ahmad Bambang

Selain mencopot direktur utama, Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Pertamina (Persero) memutuskan menghapus posisi wakil direktur utama dari struktur perusahaan. Padahal, posisi ini baru berumur beberapa bulan setelah diusulkan oleh Dewan Komisaris Pertamina pada Agustus tahun lalu.

Komisaris Utama Pertamina Tanri Abeng mengatakan, keputusan menghapus posisi wakil direktur utama (wadirut) karena dianggap penyebab tidak harmonisnya hubungan antar-direksi. “Pemegang saham memutuskan tidak ada lagi wadirut. Jadi barangkali nomenklatur ini bagian dari kondisi yang menyebabkan tidak terjadinya kerja sama yang bagus, " kata dia usai RUPS di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (5/2).

Advertisement

(Baca: Buntut 'Matahari Kembar', Dirut dan Wakil Dirut Pertamina Dicopot)

Meski menghapus posisi wadirut, Tanri mengatakan jajaran direksi Pertamina ke depan tetap berjumlah sembilan orang. Artinya ada tambahan jabatan untuk level direktur yang menggantikan nomenklatur dari wadirut.

Sebagai gambaran, jajaran direksi Pertamina saat ini terdiri dari Direktur Utama, Wakil Direktur Utama, Direktur Hulu, Direktur Pemasaran, Direktur Pengolahan, Direktur Gas dan Energi Baru Terbarukan, Direktur Keuangan, Direktur SDM Teknologi dan Umum, serta Direktur Pengolahan dan Petrokimia.  "Kami akan kaji pengganti wadirut nanti bagaimana, bisa saja nanti namanya direktur pengembangan apa begitu," kata Tanri.  

(Baca: Menteri Rini Tunjuk Yenni Andayani Jadi Plt Dirut Pertamina)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement