Proyek Rampung, 3.489 Rumah di Balikpapan Nikmati Gas Bumi

Anggita Rezki Amelia
2 Februari 2017, 22:46
pipa gas pertamina
Arief Kamaludin|Katadata

Pembangunan jaringan distribusi gas bumi (jargas) rumah tangga di Balikpapan, Kalimantan Timur, akhirnya selesai. Sebanyak 3.849 Sambungan Rumah (SR)  yang tersebar di 9 sektor di Kelurahan Karang Rejo, Karang Jati dan Sumber Rejo siap menikmati gas bumi secara bertahap.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I.G.N. Wiratmaja Puja mengatakan, pembangunan jaringan gas untuk rumah tangga memang menjadi program kelanjutan dari pemerintah. Hal ini sebagai bentuk konsistensi pemerintah dalam menyediakan energi bersih, murah dan terjangkau untuk masyarakat.

Menurut Wiratmaja, penggunaan gas bumi juga aman karena tekanannya hanya 0,3 bar. Jadi ketika terjadi kebocoran hanya menimbulkan percikan seperti korek api. (Baca: Jaringan Gas Kota Terbesar di Indonesia Mulai Beroperasi)

Selain itu, warga juga tidak perlu khawatir lagi dengan kemungkinan kelangkaan gas.  "Jargas hadir di rumah-rumah warga dengan suplai 24 jam,” kata Wiratmaja berdasarkan siaran persnya, Kamis (2/2).

Selain aman, jargas menjadi harapan agar impor dan subsidi elpiji semakin berkurang. Dengan begitu, tidak lagi memberatkan keuangan negara.  Apalagi, pemerintah tahun ini menganggarkan  Rp 1,14 triliun untuk bisa membangun jargas baru di beberapa kota/kabupaten sebanyak  53.000-59.000 SR.

(Baca: Siap Pangkas Anggaran, ESDM Tunda Proyek Migas dan Terbarukan)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...