Pertamina Siap Beli Gas Masela Asal Harga Cocok

Anggita Rezki Amelia
30 Januari 2017, 18:52
No image

PT Pertamina (Persero) menyatakan siap membeli gas bumi yang akan dihasilkan dari ladang migas Blok Masela. Namun, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini juga mengajukan syarat, harga gas itu harus sesuai dengan perhitungan keekonomian dari Pertamina.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengungkapkan alasan pihaknya membeli gas dari Blok Masela, karena salah satu lini bisnis Pertamina adalah jual beli gas. Selain itu, agar megaproyek gas di Lapangan Abadi blok ini bisa segera dimulai dan cepat selesai. 

Advertisement

“Pertamina akan ambil produknya sejauh memang harganya sesuai dengan market,” kata dia di Jakarta, Senin (30/1). (Baca: Luhut Dorong Pertamina Beli Gas dari Blok Masela)

Saat ini Pertamina masih menghitung besaran alokasi gas bumi yang akan dibeli. Pemerintah menginginkan alokasi gas Masela untuk jatah dalam negeri sebesar 474 juta kaki kubik per hari (mmsfcd). Sementara untuk gas alam cair (LNG) sebesar 7,5 juta ton per tahun (mtpa).

Di sisi lain, kata Dwi, hingga saat ini Pertamina masih menyatakan ketertarikannya untuk memiliki hak kelola Blok Masela sekitar 10 hingga 20 persen. Bahkan, perusahaan sudah mengajukan ketertarikannya kepada Inpex Corporation. Namun, pihak Inpex belum juga menjawab pengajuan tersebut. 

Menurut Dwi, keinginan memiliki hak kelola Blok Masela ini tidak ada kaitannya dengan rencana pembelian gas. Jadi, Inpex tidak perlu harus memberikan hak kelola sebesar 10 sampai 20 persen, agar Pertamina mau membeli gas tersebut. (Baca: Pemerintah Bangun Pusat Industri Petrokimia di Bintuni dan Masela)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement