BP: Pertumbuhan Energi Terbarukan Naik Empat Kali Lipat

Anggita Rezki Amelia
30 Januari 2017, 17:16
BP
Arief Kamaludin|KATADATA

Perusahaan migas asal Inggris, BP, memprediksi energi terbarukan akan menjadi sumber daya dengan pertumbuhan paling cepat dunia. Peningkatan pertumbuhan penggunaan energi terbarukan meningkat empat kali lipat menjadi rata-rata 7,6 per tahun hingga 2035. 

Menurut BP Energy Outlook pertumbuhan energi terbarukan paling tinggi dibandingkan sumber energi lain, seperti minyak bumi, gas bumi, dan batu bara. Sementara secara total, permintaan energi global akan meningkat 30 persen pada tahun 2015 hingga 2035, dengan peningkatan rata-rata 1,3 persen per tahun.

Dalam kurun waktu 20 tahun itu, penggunaan minyak bumi dan Batubara memang masih mendominasi. Namun, penggunaannya akan melambat dalam beberapa periode. Permintaan Bahan Bakar Minyak (BBM) meningkat kurang lebih 0,7 per tahun.

Ini menandakan mulainya masa peralihan dari energi fosil ke energi terbarukan. Peningkatan permintaan energi ini lebih rendah dibandingkan peningkatan 3,4 persen per tahun yang diharapkan dari acuan Produk Domestik Bruto dunia. Penyebabnya tingkat perbaikan teknologi dan kepedulian lingkungan.

Laporan BP ini juga menjelaskan bahwa Cina merupakan negara dengan peningkatan penggunaan energi terbarukan  terbesar di dunia dalam 20 tahun ke depan. Bahkan penggunaannya lebih besar dibandingkan gabungan Uni Eropa dan Amerika Serikat. (Baca: Pemerintah Buat Aturan Patokan Tarif Energi Baru Terbarukan)

Group Chief Executive BP Bob Dudley mengatakan tataran energi global memang sedang berubah. Kebutuhan energi beralih dari pusat-pusat energi tradisional ke pasar yang bertumbuh cepat. “Industri perlu beradaptasi untuk menyiasati tren kebutuhan energi yang berubah-ubah,” kata dia dalam keterangan resminya akhir pekan lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...