Exxon Uji Coba Produksi Lapangan Banyu Urip 200 Ribu Barel

Anggita Rezki Amelia
28 Januari 2017, 11:00
ExxonMobil
Arief Kamaludin|KATADATA

Operator Blok Cepu, ExxonMobil,  mulai menguji coba peningkatan produksi Lapangan Banyu Urip di Blok Cepu, Jawa Timur, hingga 200 ribu barel per hari (bph). Uji coba ini untuk mengetahui  kemampuan produksi agar bisa mencapai target yang ditetapkan pemerintah tahun ini.

Vice President Public and Government Affairs Exxon Erwin Maryoto mengatakan, uji coba bersama SKK Migas ini dilakukan sambil menunggu hasil kajian Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) Blok Cepu dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (Baca: Percepat Amdal, Kementerian Energi Restui Kenaikan Produksi Blok Cepu)

Advertisement

Saat ini ExxonMobil memang belum memegang izin Amdal untuk memproduksi hingga 200 ribu bph. "Kami terus berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk proses amandemen Amdal Banyu Urip untuk memaksimalkan produksi dan kebutuhan energi Indonesia yang meningkat," kata Erwin kepada Katadata, Jumat (27/1).

Hingga berita ini ditulis, Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan KLHK, San Afria Awang belum membalas pesan singkat dari Katadata terkait perkembangan amandemen dokumen Amdal Lapangan Banyu Urip.

Sementara itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mendukung upaya peningkatan produksi Lapangan Banyu Urip hingga 200 ribu bph. Hal ini untuk mengejar target lifting atau produksi siap jual minyak dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017 sebesar 815 ribu bph.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement