Bertabur Insentif, Tingkat Investasi Blok Masela Tak Sampai 15 Persen

Anggita Rezki Amelia
5 Januari 2017, 18:36
Rig
Katadata

Pemerintah meluluskan sebagian besar permintaan insentif yang diajukan Inpex Corporation untuk mengembangkan Blok Masela. Meski begitu, tingkat pengembalian investasi (Internal Rate of Return /IRR) blok kaya gas di Laut Arafura itu belum sampai 15 persen sesuai dengan keinginan Inpex.

Menurut Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar, meski tidak mencapai 15 persen, IRR Blok Masela masih dalam tahap wajar. “Kami tidak pernah mematok mematok IRR 15 persen. Kurang dari itu,” kata dia di Jakarta, Kamis (5/1). (Baca: DPR Peringatkan Insentif Blok Masela Jangan Merugikan Negara)

Ia juga mengaku, Inpex selaku operator Blok Masela tidak keberatan dengan besaran IRR di bawah 15 persen. Namun, saat ini, Kementerian ESDM  masih menunggu respons dari Inpex mengenai tawaran insentif di Blok Masela.

Menurut Arcandra, Kementerian Energi belum menerima surat jawaban dari Inpex soal tawaran insentif itu. Padahal, sebelumnya pemerintah sudah menawarkan beberapa insentif. “Kami menunggu surat Inpex, tentang apa yang sudah disetujui,” ujar dia.

Ia menjelaskan sejumlah insentif yang telah disepakati pemerintah untuk pengembangan Blok Masela.  Pertama,  kapasitas produksi Blok Masela disepakati meningkat menjadi 7,5 mtpa tambah 470 Million Metric British Thermal Unit (MMBTU).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...