Harga Minyak Naik, Target Investasi Hulu Migas 2017 Meningkat

Kontraktor yang paling besar mengeluarkan investasi migas tahun depan adalah Pertamina.
Anggita Rezki Amelia
14 Desember 2016, 20:01
Sumur Minyak
Chevron

Satuan Kerja khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat adanya kenaikan target investasi hulu migas untuk tahun depan. Dalam program kerja dan anggaran (WP&B) 2017, target investasi hulu migas sebesar US$ 13,5 miliar, lebih tinggi dari tahun ini yang hanya US$ 11,9 miliar.  

Kepala Humas SKK Migas Taslim Z. Yunus mengatakan penyebab kenaikan target tersebut adalah meningkatnya harga minyak dunia. Kenaikan harga minyak dunia mendorong kegiatan pengeboran lapangan minyak dan gas bumi, salah satunya di Blok Mahakam. 

Menurut Taslim kontraktor yang paling besar mengeluarkan investasi migas tahun depan adalah Pertamina. Sayangnya Taslim belum mau menyebutkan nilainya. "WP&B 2017 sudah disepakati, targetnya sebelum akhir tahun ini diteken Kepala SKK Migas," kata dia di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (14/12).

(Baca: Pertamina Tambah Investasi 2017 Jadi Rp 80 Triliun)

Advertisement

Hingga akhir November 2016, realisasi investasi migas sudah tercapai sebesar US$ 10,5 miliar. Angka tersebut nantinya diharapkan akan meningkat hingga akhir tahun ini.

Grafik: Realisasi Investasi Hulu Migas per Juni 2016
Realisasi Investasi Hulu Migas per Juni 2016

Secara total ada 85 kontrak blok migas yang masih beroperasi tahun depan. Dari jumlah tersebut, status kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) yang  produksi dan eksploitasi sebanyak 67 KKKS, sedangkan 18 KKKS masih dalam tahap eksplorasi. (Baca: Pemerintah Jajaki Eksplorasi Migas Bersama Timor Leste)

Adapun satu kontraktor tidak mengajukan program kerja dan anggarannya untuk tahun depan. Namun Taslim tak mau menyebut nama kontraktor tersebut dan menjelaskan penyebabnya. "Mungkin dikejar-kejar vendor,"  kata dia.

Di sisi lain, target lifting atau produksi siap jual tahun depan dalam WP&B 2017 sebesar 825 ribu barel per hari (bph) untuk minyak. Sedangkan lifting gas ditargetkan 1.175 ribu barel setara minyak per hari (BOEPD). (Baca: Produksi Minyak 24 Kontraktor Belum Mencapai Target APBN)

SKK Migas mencatat realisasi produksi migas hingga awal bulan ini sudah mencapai 833 ribu bph untuk minyak, dan realisasi produksi gas sebesar 1.180 ribu BOEPD. Taslim menargetkan capaian lifting minyak hingga akhir tahun ini bisa mencapai 828.000 bph.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait