Ophir Alirkan Gas Perdana Kerendan untuk Pembangkit Listrik

Arnold Sirait
1 Desember 2016, 16:35
Pipa gas
Arief Kamaludin|KATADATA

Ophir Energi berhasil mengalirkan gas perdana dari fasilitas pengolahan gas Kerendan (KGFP) di Desa Karendan, Kecamatan Lahei -Kabupaten Barito Utara. Sebagian gas yang diproduksi dari fasilitas ini dialirkan ke pembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG) Bangkanai.

Listrik yang dihasilkan oleh PLTMG Bangkanai akan digunakan untuk menerangi tiga provinsi yaitu Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur. “Ini komitmen kami untuk berkontribusi memenuhi kebutuhan energi di Indonesia, terutama penyediaan listrik di Kalimantan melalui kerjasama terintegrasi dengan PLN”, ujar Anggoro Kasyanto, Presiden Ophir Energy Indonesia, berdasarkan keterangan resminya, Kamis (1/12).

(Baca: Dua Proyek Migas Tertunda Akibat Belum Ada Kepastian Pembeli)

Pengaliran gas ini,sekaligus menjadikan Ophir Energi bersama mitranya Saka Energi, sebagai Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) hulu migas pertama yang memproduksi gas di Kalimantan Tengah. Momen ini juga sebagai penanda masuknya Kabupaten Barito Utara ke jajaran daerah penghasil migas di Indonesia.

Meski menghadapi berbagai tantangan,  Ophir siap menyalurkan gas secara penuh. Fasilitas produksi gas ini memiliki kapasitas maksimum 20 MMSCFD.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...