Bappenas Siapkan Dua Skenario Pengembangan Wilayah Masela

Arnold Sirait
28 November 2016, 17:54
Blok migas
Katadata

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) tengah menyusun konsep pengembangan wilayah untuk Blok Masela. Ada dua skenario yang tengah dikaji untuk pengembangan wilayah dengan memanfaatkan gas dari blok migas tersebut.

Skema yang pertama adalah  pengembangan industri petrokimia sebagai turunan gas yang dihasilkan. Kemudian pengembangan wilayah sesuai potensi yang ada seperti perikanan, perkebunan, pariwisata dan lain-lain. Skema ini nantinya didukung dengan ketersediaan energi berbasis gas.

Advertisement

(Baca: Menperin Minta Alokasi Gas Blok Masela untuk 3 Perusahaan)

Dengan dua skema tersebut Bappenas menargetkan seluruh wilayah Maluku akan berkembang, sesuai dengan potensi yang dimiliki. “Tidak hanya berbasis industri Petrokimia,” kata Arifin Deputy Bidang Pengembangan Regional Bappenas kepada Katadata, akhir pekan lalu.

Arifin mengatakan industri-industri yang akan dikembangkan di kawasan Maluku, nantinya akan mendapat pasokan listrik dari pembangkit gas yang berasal dari Blok Masela. Artinya, gas dari Blok Masela akan terlebih dulu digunakan untuk pembangkit listrik di kawasan Maluku. Setelah itu, listrik akan dipakai untuk memasok industri yang akan dibangun di kawasan tersebut.

Arifin mengatakan kebutuhan gas untuk industri tidak banyak, dan masih bisa terpenuhi dari Domestic Market Obligation (DMO) atau kewajiban pemenuhan minyak dan gas bumi untuk dalam negeri.  Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 35 tahun 2004 tentang Kegiatan Usaha Hulu Migas, besaran kewajiban kontraktor dalam pemenuhan kebutuhan dalam negeri paling banyak 25 persen dari hasil produksi migas.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement