Pertamina Mulai Terapkan BBM Satu Harga di Tiga Daerah

Anggita Rezki Amelia
1 November 2016, 18:34
BBM Subsidi
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina (Persero) mulai memberlakukan Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga di tiga daerah pelosok Indonesia. Hal ini sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo, yang menginginkan harga BBM sama di seluruh Indonesia.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan, ketiga wilayah tersebut adalah Karimun Jawa, Kalimantan Utara, dan Maluku Utara. "Kami bisa realisasikan Oktober," kata dia di Jakarta, Selasa (1/11). (Baca: Jual BBM Murah di Papua, Pertamina Hanya Rugi 2 Persen)

Ke depan, Dwi menginginkan BBM Satu Harga ini tidak hanya dinikmati oleh tiga daerah tersebut, tapi seluruh provinsi di Indonesia. Karena itu, Pertamina tengah mendata wilayah terpencil dan daerah-daerah di Indonesia yang masih menerapkan harga BBM lebih tinggi dari ketetapan pemerintah.

Pertamina juga akan mengajak pihak swasta membangun infrastruktur BBM di daerah terpencil, khususnya untuk membangun storage atau tangki timbun untuk mengamankan cadangan BBM di kawasan terpecil. "Daerah terluar itu siapa yang membangun storage bisa swasta, bisa Pertamina, " kata Dwi.

Seperti diketahui, Presiden saat mengunjungi Papua, 17 Oktober lalu, meminta Pertamina mencari solusi agar harga BBM di Papua sama dengan di Pulau Jawa. Program ini harus dilakukan, mengingat selama ini masih terjadi ketidakadilan dalam harga BBM. (Baca: Jokowi Perintahkan Harga BBM di Papua dan Jawa Harus Sama)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...