Serahkan Jabatan Menteri ESDM, Luhut Titip Timnya Tetap Dipakai Jonan

Anggita Rezki Amelia
17 Oktober 2016, 15:21
Sertijab Menteri ESDM
Arief Kamaludin|KATADATA
Serah terima jabatan Menteri ESDM dari Luhut Binsar Pandjaitan kepada Ignasius Jonan di Gedung Kementerian ESDM, Senin (17/10)

Luhut Binsar Pandjaitan resmi menyerahkan jabatannya sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ke Ignasius Jonan. Dalam acara serah terima jabatannya, Luhut menitipkan pesan agar Jonan terus membangun kerja sama tim dalam bekerja.

Luhut mengatakan selama kurang lebih dua bulan menjabat Pelaksana Tugas Menteri ESDM, dirinya dibantu oleh Arcandra Tahar dan timnya seperti Prahoro Nurtjahyo, Jaffe Suardin, dan Darmawan Prasodjo. Tim ini sering memberikan masukan, menjawab pertanyaan dan tantangan yang diberikan Luhut.

Selama menjadi Menteri ESDM, Luhut juga memuji kerja sama tim di kementerian tersebut. Beberapa pertemuan dengan pihak asing yang ingin berinvestasi di Indonesia, tim ini bisa menciptakan diskusi bertaraf dunia. Indonesia dianggap mampu mengedepankan teknologi, sehingga ongkos investasi beberapa proyek bisa turun.

Dia pun berpesan agar Jonan tetap mempertahankan tim ini. “Pakailah orang-orang seperti mereka. Semua saya pikir hebat-hebat,” kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (17/10). (Baca: Jonan Belum Berniat Rombak Pejabat Kementerian ESDM)

Luhut berharap di bawah kepemimpinan Jonan, iklim investasi sektor ESDM bisa tetap terjaga. Proses bisnis harus cepat, salah satunya dengan memangkas perizinan. Kementerian ini sudah menargetkan untuk melakukan penyederhanaan, salah satunya memangkas 142 izin migas menjadi hanya 6 izin.

Begitu juga dengan perizinan di sektor panas bumi yang bisa sampai 7 tahun, harus bisa disederhanakan tanpa melanggar aturan yang ada. Jika diperlukan, bisa meminta bantuan Jaksa Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun). Namun, Luhut yakin Jonan dan wakilnya Arcandra bisa menyelesaikan pekerjaan ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...