Konsorsium Pertamina Menang Tender Proyek Listrik Jawa 1

Arnold Sirait
13 Oktober 2016, 16:55
PLTU Suralaya
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akhirnya menunjuk konsorsium PT Pertamina bersama dua perusahaan asal Jepang: Marubeni Corporation dan Sojitz Corporation, sebagai pemenang tender Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Jawa 1.

Senior Manager Public Relation PLN Agung Murdifi mengatakan, PLN telah menyelesaikan evaluasi teknis dan administrasi dalam proses tender pembangkit listrik Jawa 1. Evaluasi itu termasuk tawaran harga yang diajukan oleh para peserta tender.

“Dari semua aspek yang telah ditentukan oleh PLN, konsorsium Pertamina - Marubeni Corporation– Sojitz Corporation diputuskan sebagai peringkat pertama peserta tender,” kata dia kepada Katadata, Kamis (13/10).

Konsorsium Pertamina berhasil mengalahkan dua konsorsium lainnya, yaitu PT Adaro Energi Tbk bersama Sembcorp dan konsorsium PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) bersama PT Rukun Raharja Tbk - Mitsubishi Corporation. Sementara konsorsium PT Medco Power Generation Indonesia bersama Nebras Power dan Korea Electric Power Corporation sudah gagal dalam proses evaluasi teknis dan administrasi. 

(Baca:  Tawaran Rendah, Pertamina Berpeluang Gaet Proyek Listrik Jawa 1)

Menurut Agung, PLN sangat berhati-hati dalam menentukan peringkat pertama tersebut. Tim evaluator PLN juga menganalisa lebih mendalam semua penawaran, karena risiko kegagalan proyek akan tinggi jika peserta tidak mengikuti syarat pengadaan, khususnya pada peserta yang mengusulkan harga paling rendah.

Selain itu, PLN harus meninjau aspek efisiensi peserta  tender. “Konsorsium pemenang pastinya sudah sesuai dengan ketentuan serta merupakan pengembang yang benar, kompeten dan tentu saja memiliki kemampuan keuangan yang baik,” ujar Agung.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia, Miftah Ardhian
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...