Luhut Ajak Arcandra Presentasi Blok Masela ke Jepang

Anggita Rezki Amelia
4 Oktober 2016, 17:14
Blok Masela
Arief Kamaludin | Katadata

Pelaksana tugas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Luhut Binsar Pandjaitan berencana melibatkan Arcandra Tahar untuk membahas pengembangan Blok Masela. Bahkan, Luhut akan mengajak mantan Menteri ESDM itu untuk menemui pemerintah Jepang, sebagai negara asal kontraktor Blok Masela, yaitu Inpex Corporation.

Menurut Luhut, Arcandra mempunyai keahlian di sektor minyak dan gas bumi (migas). Apalagi, dia telah dinilai mampu menurunkan  biaya investasi Blok Masela dari US$ 22 miliar menjadi US$ 15 miliar hanya dalam kurun 20 hari saat memangku jabatan Menteri ESDM.

(Baca: Luhut Sebut Perkembangan Pembahasan Blok Masela Membanggakan)

Untuk itu, Luhut akan meminta Arcandra mempresentasikan rencana Pemerintah Indonesia kepada Pemerintah Jepang. "Soal Blok Masela saya ajak Pak Arcandra karena beliau yang ahlinya. Nanti beliau langsung menjelaskan ke sana," kata Luhut di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (4/10).

Di sisi lain, Inpex juga telah mengirimkan surat serta bertemu dengan Luhut terkait permintaan insentif bagi pengembangan Blok Masela. Perusahaan asal Jepang itu mengajukan tiga permintaan insentif.

Pertama, moratorium masa kontrak selama 10 tahun. Dengan begitu, kontrak Blok Masela yang seharusnya berakhir 2028, bisa diperpanjang menjadi 2038. Moratorium ini belum dihitung dengan peluang perpanjangan kontrak.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...