Selama Delapan Bulan, Laba Pertamina Retail Melejit 81 Persen

Anggita Rezki Amelia
30 September 2016, 17:44
Pertamina logo
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina Retail membukukan laba bersih sebesar Rp 108,5 miliar sejak awal tahun hingga Agustus 2016.  Jumlahnya melonjak 81 persen dibandingkan periode sama tahun lalu yang sebesar Rp 60 miliar.

Direktur Utama Pertamina Retail Toharso mebandingkan dengan perolehan laba bersih sepanjang tahun lalu yang sebesar Rp 108,7 miliar.  "Tahun lalu kami dapat Rp 108,7 miliar, sekarang sampai Agustus saja sudah mencapai Rp 108,5 miliar,"  katanya dalam acara workshop dengan wartawan di Gedung Pertamina, Jakarta, Jumat (30/9).

Artinya, perolehan laba bersih Pertamina Retail selama delapan bulan tahun ini sudah menyamai pencapaian sepanjang tahun lalu. (Baca: BPK Minta Pertamina Setor Keuntungan Solar Subsidi Rp 3,1 T ke Negara)

Menurut Toharso, pertumbuhan laba bersih Pertamina Retail mencapai 44 persen dalam 8 tahun terakhir. Anak usaha Pertamina di bidang retail ini dibentuk pada Februari 2006, dan dua tahun kemudian berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 8,23 miliar.

Tapi perolehan laba tersebut masih jauh dari target yang sudah ditetapkan. Dalam Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2016, perusahaan ini menargetkan bisa membukukan laba bersih sebesar Rp 224,6 miliar hingga akhir tahun nanti.

Sementara itu, realisasi pendapatan sejak awal tahun hingga Agustus lalu mencapai Rp 6,9 triliun. Pendapatan ini tumbuh rata-rata 20 persen selama kurun waktu 8 tahun. Sedangkan hingga akhir tahun nanti, pendapatan ditargetkan sebesar Rp 14,2 triliun. (Baca: Hitungan Keekonomian, Harga Premium Turun Rp 300 Bulan Depan)

Toharso mengatakan, 70 persen dari total pendapatan Pertamina Retail ini berasal dari penjualan produk Bahan Bakar Minyak (BBM). Sisanya dari kontribusi penjualan non-BBM dari hasil penjualan di gerai Bright Store, Bright Cafe, Bright Oil Mart, dan Bright Car Washed yang berada di setiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang dimiliki dan dikelola oleh Pertamina sendiri atau Company Own Company Operated (SPBU COCO).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...