Saka Energi Temukan Sumber Baru Minyak di Blok Pangkah

Dari hasil uji yang dilakukan pekan ini, sumur Sidayu-4 di Lapangan Sidayu ternyata mampu menghasilkan minyak sebesar 2.300 barel.
Anggita Rezki Amelia
23 September 2016, 18:46
Saka Energi
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Saka Energi berhasil menemukan sumber baru minyak bumi di Lapangan Sidayu, Blok Pangkah. Dengan temuan itu, diharapkan anak usaha PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) ini bisa menyusun rencana pengembangan wilayah (PoD).

Deputi Pengendalian Operasi SKK Migas Muliawan mengatakan, sumber minyak ini ditemukan setelah Saka mengebor sumur baru di blok yang terletak di lepas pantai utara Jawa Timur. “Kemarin Saka berhasil eksplorasi di Sumur Sidayu-4,” kata dia kata dia kepada Katadata di Jakarta, Kamis (22/9). (Baca: Saka Energi Lepas 40 Persen Saham Blok South Sesulu)

Pada saat pengeboran, Saka Energi telah menguji potensi minyak yang ada di sumur tersebut. Dari hasil uji yang dilakukan pekan ini, sumur Sidayu-4 di Lapangan Sidayu ternyata mampu menghasilkan minyak sebesar 2.300 barel.

Dengan adanya temuan itu, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mendorong agar Saka Energi segera mengajukan PoD. “Coba tanya mereka kapan mau diPoDkan,” ujar dia.  

Advertisement

Sementara itu Direktur Operasi Saka Energi Tumbur Parlindungan tidak membantah informasi tersebut. Tapi ia masih belum mau menjelaskan detail terkait penemuan minyak di sumur Sidayu-4 di Blok Pangkah.

Menurut Tumbur, penjelasan detailnya akan dijelaskan oleh SKK Migas. "Minggu depan tanya langsung ke SKK Migas, Pak Kepala SKK Migas yang mau bicara," kata dia kepada Katadata, Kamis (22/9). (Baca: Saka Energi Tertarik Beli Hak Kelola BP di Blok Sanga-Sanga)

Dari situs resmi milik Saka Energi, perusahaan tersebut memiliki hak kelola 100 persen di Blok Pangkah. Blok ini dimiliki Saka setelah berhasil memenangkan tender penjualan 75 persen hak pengelolaan milik PT Hess Indonesia pada Januari 2014. 

Blok Pangkah merupakan blok yang sudah berproduksi. Tapi saat ini produksi minyak dan gas bumi diambil dari Lapangan Ujung Pangkah. 

Sementara untuk Lapangan Sidayu, Saka baru berhasil mengebor sumur minyak Sidayu-1 pada 2001. Kemudian pada Juli 2015 tahun lalu, Saka juga telah berhasil mengebor sumur eksplorasi Sidayu-3.

Saka menargetkan Sumur Sidayu-3 bisa mulai berproduksi sebanyak 10.000 barel per hari pada 2017. Di Lapangan ini, Saka memperkirakan jumlah cadangan migasnya mencapai 300 juta barel. (Baca: Anak Usaha PGN Bidik Blok Gas di Amerika Serikat)

Awalnya Tumbur menargetkan pengajuan PoD di Lapangan Sidayu, Blok Pangkah bisa dilakukan pada Juni 2016, sehingga pada akhir 2017 bisa berproduksi.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait