Perusahaan Suami Puan Ikut Proyek Jawa 1, PLN Diminta Tender Ulang

Anggita Rezki Amelia
15 September 2016, 18:44
PLN
Arief Kamaludin|KATADATA

Keterlibatan perusahaan keluarga Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dalam tender proyek pembangkit listrik tenaga gas uap (PLTGU) Jawa 1 berpotensi menimbulkan konflik kepentingan. Karena itu, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) diminta mengulang proses tender pembangkit listrik tersebut.

Dosen Universitas Gadjah Mada Fahmy Radhi mengatakan, konflik kepentingan di tender proyek Jawa 1 memang tidak bisa dihindari. Alasan pertama karena dalam proyek tersebut ada peserta lelang yang juga anak usaha PLN, yakni PT Pembangkit Jawa Bali (PJB). (Baca: Perusahaan Keluarga Puan Berpeluang Garap Proyek Listrik Jawa 1)

Advertisement

Selain itu, mantan anggota Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi ini juga melihat potensi konflik kepentingan bisa terjadi karena PJB juga menggandeng PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) dalam konsorsiumnya. Padahal, Rukun Raharja dimiliki oleh Hapsoro Sukmonohadi, yang merupakan suami Puan Maharani.

“Jadi PLN harus tender ulang bukan asal tunjuk. Seharusnya PJB menang tender karena kompetensinya bukan karena anak perusahaan PLN atau perusahaan terkait dengan pejabat,” kata dia kepada Katadata, Kamis (15/9).

Sementara itu, Direktur Eksektutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa mengatakan, pemenang tender PLTGU Jawa 1 harus berdasarkan pada nilai penawaran, pengalaman, kemampuan penyelesaikan proyek, serta kemampuan pembiayaan. Sepanjang penilaian berdasarkan parameter-parameter tersebut dan proses yang transparan dan adil, siapapun yang menang seharusnya diterima. 

PLN harus mampu menjelaskan faktor yang memenangkan peserta lelang secara transparan. “Mengenai keterlibatan perusahaan yang memiliki afiliasi dengan Puan, menurut saya sepanjang tidak ada tekanan politik terhadap PLN untuk memenangkan konsorsium ini, seharusnya tidak masalah,” ujar Fabby.

Menurut dia, PLN juga perlu cermat melihat komposisi pemilik saham dalam konsorsium PJB dan rukun Raharja ini. Hal ini sangat berkaitan dengan kemampuan konsorsium menyediakan permodalan serta pengalaman. (Baca: Konsorsium Investor Jepang Berpeluang Garap Pembangkit Jawa 1)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement