Sudah Ubah Skema, Lelang Blok Migas 2016 Tetap Memprihatinkan

Anggita Rezki Amelia
9 September 2016, 20:10
Rig Minyak
Katadata

Animo investor untuk mengikuti lelang blok minyak dan gas bumi (migas) tahun ini masih rendah. Padahal pemerintah sudah mengubah skema lelang agar kontraktor tertarik ikut proses lelang tersebut.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM I.G.N Wiratmaja puja mengatakan penawaran Wilayah Kerja (WK) migas pada 2016 ini belum bergairah. "Cukup memprihatinkan, ada beberapa WK bahkan tidak ada peminat," kata dia dalam diskusi dengan wartawan di Jakarta, Jumat (9/9). (Baca: Setahun Terakhir, Pemerintah Gagal Gaet Investor Garap Blok Migas)

Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan sampai saat ini baru tiga blok migas konvensional yang sudah laku. "Blok West Kaimana, Onin, satu lagi saya lupa," ujar dia kepada Katadata, Jumat (9/9).

Djoko mengetahui proses tersebut karena dia menjalankan tugas Direktur Pembinaan Usaha Hulu selama Tunggal melakukan ibadah haji. Salah satu kemungkinan yang membuat lelang wilayah kerja migas sepi adalah harga minyak dunia yang masih rendah.

Meski demikian, Djoko tetap optimis untuk melihat perkembangan lelang blok migas hingga penutupan lelang pada Oktober mendatang. "Biasanya peminat last minutes baru masukin dokumen nanti Oktober," ujar dia. 

Tahun ini, pemerintah melelang 14 blok migas. Lelang ini terdiri dari tujuh WK melalui mekanisme penawaran langsung dan tujuh WK melalui mekanisme lelang reguler. (Baca: Total Minati Blok Migas yang Dilelang Pemerintah)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...