Kontrak Berakhir, Pertamina dan CNOOC Bersaing Kelola Blok SES

Anggita Rezki Amelia
8 September 2016, 13:09
Migas
Katadata | Dok.

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) dan CNOOC Limited akan bersaing mendapatkan hak kelola di Blok South East Sumatera (SES). Kedua kontraktor sudah mengajukan proposal untuk mengelola blok tersebut setelah kontraknya berakhir di 2018.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral I.G.N. Wiratmaja Puja mengatakan proposal tersebut sudah diterima oleh pemerintah. “Lagi dibahas," kata Wiratmaja di Gedung DPR, Selasa, 6 September 2016. (Baca: Pertamina Hulu Energi Lepas Hak Kelola Blok Luar Negeri).

Berdasarkan data Kementerian Energi, hingga kontrak berakhir, CNOOC masih menjadi operator di Blok SES. Perusahaan asal Cina ini memiliki hak kelola 65,54 persen. Sementara itu, Pertamina memiliki hak kelola 13,07 persen.

Sisanya, KNOC menguasai 8,91 persen, Risco Energi lima persen, Fortuna Resources Ltd 3,77 persen, Talisman UK Ltd 2,08 persen, dan Talisman Resources Ltd 1,64 persen. Namun pada 12 Desember 2014, Saka Energi mengambil alih hak kelola KNOC sebesar 8,9 persen.  

Direktur Utama PHE Gunung Sardjono Hadi mengatakan sudah menyampaikan keinginan mengelola blok itu kepada komisaris Pertamina sebagai induk usaha. PHE merasa mampu mengelola blok-blok lama, sehingga masih kompetitif untuk diproduksi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...