Medco Energi Jual 100 Persen Hak Kelola Blok Bawean PSC

Anggita Rezki Amelia
6 September 2016, 09:54
Medco
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Medco Energi Internasional Tbk melepas 100 persen hak kelolanya di Blok Bawean. Pelepasan hak kelola ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian jual-beli antara Medco Bawean (Holding) Pte Ltd dengan Hyoil (Bawean) Pte Ltd pada 1 September lalu.

Medco memiliki hak kelola di blok tersebut melalui Camar Resources Canada Inc (CRC) dan Camar Bawean Petroleum Ltd (CBPL). “Melepaskan 100 persen hak partisipasi di PSC Bawean melalui penjualan saham di Camar Resources Canada Inc  dan Camar Bawean Petroleum Ltd,” kata CEO Medco Roberto Lorato berdasarkan keterangan resminya, Senin (5/9). (Baca: Medco Siapkan Obligasi Rp 5 Triliun untuk Bayar Utang)

Advertisement

Perusahaan milik Keluarga Panigoro ini telah mengoperasikan PSC Bawean sejak 2004 melalui kepemilikan di CRC. CRC memiliki 35 persen dan bertindak sebagai operator Blok Bawean, sementara CBPL memiliki hak kelola sebesar 65 persen.

PSC Bawean merupakan aset penghasil minyak lepas pantai yang terletak di Jawa Timur. Pada semester pertama tahu  ini, blok tersebut berhasil memproduksi sekitar 670 barel per hari (bph).

Masa kontrak PSC Bawean akan berakhir pada 11 Februari 2031. Hal ini sesuai perpanjangan kontrak 20 tahun yang telah diberikan oleh pemerintah pada 2010 lalu dan berlaku efektif 12 Februari 2011. Nilai komitmen investasinya sebesar US$50,5 juta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement