Pemerintah dan PLN Kebut Megaproyek Listrik 35 GW

Anggita Rezki Amelia
Oleh Anggita Rezki Amelia - Miftah Ardhian
24 Agustus 2016, 12:57
Pembangkit Listrik
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) berupaya mempercepat megaproyek pembangkit listrik 35 ribu Mega Watt (MW) atau 35 Giga Watt (GW). PLN menargetkan proses lelang dan penandatanganan perjanjian jual-beli tenaga listrik atau power purchase agreement (PPA) lebih dari 8 GW untuk swasta (IPP) rampung tahun ini.

Proses penandantanganan perjanjian jual-beli tenaga listrik dari PLN sebesar 4 GW juga diharapkan selesai tahun ini. Dengan begitu, jika ditambah dengan yang sudah meneken perjanjian jual-beli tenaga listrik, jumlahnya tahun ini bisa mencapai 30 GW.

Advertisement

Direktur Pengadaan PLN Supangkat Iwan Santoso mengatakan, sisanya sebanyak 5 GW juga dapat dilakukan tahun ini. “Karena kan kecil-kecil (kapasitas pembangkit), jadi cepat selesainya,” katanya di Jakarta, Selasa (23/8).

(Baca: PLN Buka Lelang Empat Proyek Program Pembangkit 35 GW)

Untuk mempercepat proyek listrik 35 GW, PLN juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah. Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan, ada beberapa terobosan untuk mempercepat penyelesaian megaproyek listrik tersebut. Upaya terobosan itusudah dibahas dalam rapat koordinasi dengan Pelaksana tugas Menteri ESDM Luhut Binsar Panjaitan.

Pertama, perusahaan pembangkit listrik swasta (IPP) bisa mencairkan dana jaminan sebesar 10 persen dari nilai investasi yang diserahkan kepada PLN. Sebelumnya, dana itu akan menjadi milik PLN kalau IPP tidak bisa menyelesaikan proyek listrik. Jaminan tersebut akan dipakai untuk groundbreaking atau peletakan batu pertama, meski proyek belum merampungkan pendanaannya (financial closing).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement