Pertamina Targetkan Punya Hak Kelola Blok Migas di Rusia Tahun Ini

Anggita Rezki Amelia
23 Agustus 2016, 17:51
Blok migas
Katadata

PT Pertamina (Persero) menargetkan dapat memiliki hak kelola blok minyak dan gas bumi (migas) di Rusia pada akhir tahun ini. Langkah tersebut merupakan bagian dari proses kerjasama Pertamina dalam membangun kilang minyak di Tuban, Jawa Timur, bersama dengan perusahaan migas asal Rusia, Rosneft Oil Company.

Senior Vice President of Upstream Business Development Pertamina Denie S. Tampubolon mengatakan, pihaknya saat ini masih mengkaji beberapa blok migas di Rusia. “Kami usahakan secepatnya. Mestinya bisa langsung deal akhir tahun,” kata dia usai menghadiri rapat di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (23/8). (Baca: Kontrak Kilang Tuban Diteken, Pertamina: 6 Alasan Pilih Rosneft)

Lewat skema kerjasama di sektor hulu ini, Pertamina nantinya akan membeli hak kelola blok migas milik Rosneft. Tapi, Denie belum bisa mengatakan persentase hak kelola yang akan dimiliki oleh Pertamina. Hal tersebut akan ditentukan setelah kajian selesai.

Selain itu, Pertamina belum tentu akan menjadi operator di blok tersebut. “Kami lihat mana yang paling baik bagi Pertamina. Di Malaysia atau Irak kami bukan operator, tapi terlibat  aktif, antara lain dengan menyertakan ahli atau secondee dalam operasi,” ujar dia.

Denie juga mengatakan, Pertamina memiliki kriteria dalam menentukan suatu blok yang akan dimiliki. Blok tersebut paling tidak memiliki cadangan lebih dari 50 juta barel setara minyak (mmboe). Targetnya Pertamina bisa memiliki hak kelola di dua hingga tiga blok migas.

Grafik: Cadangan Minyak Terbukti Rusia 1990-2014

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...