Pertamina Sedia Rp 20 Triliun Mengebor 19 Sumur Blok Mahakam

Anggita Rezki Amelia
23 Agustus 2016, 15:09
Pertamina - KATADATA | Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

PT Pertamina (Persero) mulai menyusun rencana investasi untuk mengelola Blok Mahakam tahun depan. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) energi ini mengalokasikan dana US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 20 triliun untuk mempertahankan produksi blok di Kalimantan Timur tersebut, sebelum resmi diambil alih pada 2018.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto menjelaskan, kebutuhan dana itu untuk membiayai pengeboran 19 sumur minyak pada kuartal II-2017. Dana itu termasuk untuk mengebor sumur pengembangan. “Supaya tidak terjadi penurunan produksi yang siginfikan di 2018,” kata dia di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (23/8). (Baca: Pemerintah: Total Setuju Pertamina Investasi di Mahakam 2017)

Menurut dia, upaya pengeboran 19 sumur itu diharapkan dapat memperlambat penurunan produksi. Apalagi, Blok Mahakam termasuk tua karena sudah berproduksi kurang lebih 50 tahun.

Namun, Pertamina perlu mengajukan perencanaan dan penganggaran (WP&B) terkait rencana pengembangan lapangan (PoD) Blok Mahakam tahun 2017. Sedangkan yang melaksanakan kegiatan atau pengeboran adalah Total E&P Indonesie sebagai operator blok tersebut hingga akhir 2017.

Rencana investasi tersebut juga membutuhkan payung hukum lantaran Pertamina baru menjadi operator dan mengelola Blok Mahakam mulai tahun 2018. Pertamina  tengah berkoordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Pelaksana tugas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Luhut Binsar Panjaitan dan SKK Migas untuk mengeluarkan payung hukum. “Itu diharapkan bisa keluar satu hingga dua minggu ini,” ujar Dwi.

Sementara itu, Deputi Pengendalian Dukungan Bisnis SKK Migas Rudianto Rimbono mengaku tengah menyelesaikan surat keputusan mengenai investasi Pertamina di Blok Mahakam tahun depan. "Sedang finalisasi untuk memastikan akurasinya," kata dia kepada Katadata, Selasa (23/8). (Baca: SKK Migas Siapkan Acuan Investasi Pertamina di Blok Mahakam 2017)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...