Pertamina Targetkan Rasio Cadangan Migas Naik 400 Persen

Anggita Rezki Amelia
18 Agustus 2016, 17:58
Pertamina logo
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina (Persero) menargetkan reserve replacement ratio (RRR) atau rasio penggantian cadangan yang terpakai akan tumbuh 200 hingga 400 persen per tahun. Target ini merupakan upaya Pertamina untuk memenuhi kebutuhan energi nasional yang terus meningkat.

Ketua Tim Tata Kelola (Tranformasi) Upstream Pertamina Bambang Manumayoso mengatakan penurunan produksi alamiah (decline) dan anjloknya harga minyak dunia menjadi tantangan terbesar Pertamina saat ini. Jika pada Agustus 2014, harga minyak masih sekitar US$70 per barel, pada Februari 2016 harga anjlok hingga mencapai US$26 hingga US$27 per barel.

Advertisement

Menurut dia, upaya yang dilakukan Pertamina saat ini adalah menahan penurunan produksi dengan menggunakan teknologi tepat guna. Selain itu, Pertamina harus terus melakukan eksplorasi untuk menggantikan maupun menambah cadangan yang sudah diproduksikan. (Baca: Cadangan Minyak Menipis, Terendah 16 Tahun Terakhir)

Dengan begitu, produksi dan reserve replacement ratio (RRR) migas harus bisa naik. “Sehingga cadangan yang sudah diproduksi dapat digantikan dengan cadangan baru yang lebih tinggi,” kata Bambang berdasarkan keterangan persnya, Kamis (18/8).

Bambang mengatakan pada periode 2010 hingga 2015, kinerja produksi migas perseroan rata-rata tumbuh enam persen per tahun. Sementara cadangan migasnya rata-rata hanya mengalami peningkatan sebesar 4,4 persen per tahun. Pertamina memproyeksikan pertumbuhan produksi migas mencapai delapan persen per tahun sepanjang 2015 hingga 2030. 

Selain itu, Bambang mengatakan kata kunci lain untuk bertahan terhadap dampak penurunan harga minyak adalah pada biaya produksi per barel. Pertamina pun akan mengubah paradigma lama yang cenderung ‘Production at any Cost’ atau memproduksi migas berapapun ongkosnya. Paradigma ini akan diubah menjadi Creating More Values (Production dan Value of Investment) yakni dengan menciptakan nilai tambah dari semua asetnya.  

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement