Bersama Inpex, ESDM Susun Jadwal Pengembangan Blok Masela

Anggita Rezki Amelia
12 Agustus 2016, 11:37
Kementerian ESDM
Arief Kamaludin | Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Inpex Corporation mulai menyusun jadwal waktu pengembangan Blok Masela. Tujuannya untuk mempercepat waktu pengembangan blok kaya gas di Laut Arafura tersebut.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (migas) Kementerian ESDM I.G.N. Wiratmaja Puja mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat perdana (kick off meeting) dengan Inpex di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (11/8). Rapat itu membahas rencana aksi dan pembentukan tim percepatan pengembangan Blok Masela.

“Tadi kami bikin time frame untuk percepat Proyek Masela,” kata Wiratmaja seusai rapat tersebut, Kamis (11/8) malam. Menurut dia, proyek ini bisa berproduksi secepatnya.

Namun, dia menolak merinci jadwal waktu yang telah disusun lantaran penetapan jadwalnya masih menunggu usulan dari Inpex selaku operator Blok Masela.  “Kami inginnya dipercepat. Tadi kami lihat program yang realistis tapi belum terlalu teknis. Nanti kalau sudah kebentuk batas waktunya saya sampaikan,” katanya.

(Baca: Percepat Pengembangan Blok Masela, ESDM Bentuk Tim Ad Hoc)

Sebelumnya, Menteri ESDM Arcandra Tahar menyatakan, keputusan final investasi (FID) Blok Masela ditargetkan bisa tercapai 2018 mendatang. Jadi, revisi proposal rencana pengembangan wilayah (PoD) paling tidak bisa selesai tahun ini. 

Salah satu arahan Arcandra untuk Proyek Masela adalah melakukan penataan proses-proses yang serial agar dapat dilakukan secara paralel. Misalnya, pembuatan izin  Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) bisa bersamaan dengan Front-End Engineering Design (FEED). Dengan begitu, proses pengembangan Blok Masela berjalan lebih cepat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...