Arcandra Targetkan Putusan Akhir Investasi Blok Masela 2018

Anggita Rezki Amelia
5 Agustus 2016, 17:55
Blok Masela
Arief Kamaludin | Katadata

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar ingin mempercepat proyek pengembangan Blok Masela. Hal ini disampaikan ketika bertemu dengan operator Blok Masela, yakni Inpex Corporation di Kantornya, hari ini.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM I.G.N. Wiratmaja Puja mengatakan dalam pertemuan tersebut, Menteri Arcandra menyatakan sangat fokus dengan proyek Blok Masela. Apalagi proyek ini sudah diputuskan oleh Presiden Joko Widodo. (Baca: Menteri Arcandra Kembangkan Blok Masela Sesuai Amanat Jokowi)

Advertisement

Wirat mengatakan untuk mempercepat proyek itu Menteri ESDM memberi beberapa arahan. “Misalnya proses-proses yang serial bisa dibuat paralel seperti Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) berbarengan dengan Front-End Engineering Design (FEED),” kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (5/8).

Pemerintah mengakui bahwa Inpex membutuhkan insentif agar proyek ini bisa berjalan lancar. Paling tidak insentif itu membuat tingkat pengembalian investasinya (IRR) menjadi sekitar 15 persen.

Untuk membahas mengenai insentif ini, Kementerian ESDM akan kembali mengadakan pertemuan lanjutan dengan Inpex pada pekan depan. Nantinya akan dibentuk tim yang fokus membahas hal ini. Tim ini wajib melaporkan segala perkembangannya setiap pekan kepada Menteri ESDM.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement